14 Jun 2007

- Setting IP Proxy Pada Internet Explorer (IE versi 6) -

Walau saya sudah cukup lama menggunakan notebook saya sendiri yang wi-fi internalnya sudah build-in namun saya sempat bingung untuk mengkoneksikan laptop tersebut secara Wireles..dengan banyak usah demi mendapatkan koneksi langsung ke notebook pribadi walau mesti bayar mahal asalkan kita bias mengalami launching internet di notebook sendiri..usah ini sempat saya lakukan hingga membeli peralatan mahal semisal Handphone sebagai modem untuk GPRS ke notebook hingga langganan paket data saya lakukan ke operator ponsel. Emang sihh cara setting modem HP ke notebook lebih mudah juga asalkan step demi step kita turuti dan tutorial tinggal download dari operator yang bersangkutan.. ternyata dibalik kesadaran saya selama ini hanya ingin membeli sebuah PCI card wi-fi ..namun untung lah hal itu tidak terjadi karena di Notebook saya sudah tersedia dulunya..maklum..saya masih total katrok untuk hal itu…dan setelah mata kuliah jaringan computer di mulai pada semester 4 tahun ajaran 2006/2007 kemarin saya baru sadar dan banyak pertanyaan yang saya ajukan kepada dosen yang juga pemenang hacking 2006 yang di selenggarakan Pazia Acer (PANHAC) yang pertama kali. Walaupun jawaban dosen nya agak sulit di mengerti tapi ini membuat saya selalu penasaran dan berusaha untuk tahu koneksi internet secara pribadi dengan biaya murah padahal sekarang saya sudah bisa akses free ..ehh ya.. saya sempat juga kerja part time sebagai opertor warnet selama 8 bulan tapi ilmu tidak menghasilkan dari sana saya hanya terfokus untuk join chatting doank…hiks…deh…
Oke .. saya mengundurkan diri dr sana dan berpikir lagi untuk koneksi internet secara free..ehh dengar ² dari teman stambuk atas yang masih sebaya sihh ..ada koneksi internet free wi-Fi hotspot ,katanya.trus saya mulai meminta penjelasan..” masa sih bro..? balik jawaban dari dia..oke deh bro gua pinjam laptop mu dulu main internet wi-fi kesana yahh [ maksudnya di kampus USU perpustakaannya.,.. ]
Wahh kalo gitu saya heran..masa gratis ?lagian saya kan bukan mahasiswa dari sana? Ternyata Hotspot wi-fi free tersebut bisa di akses oleh umum dengan di sediakan nya juga tempat dan colokan charger listrik nya..gua emang benar salut deh ama Kampus USU.dari pada di kampus gua..yang mesti daftar dulu trus bawa persyaratan semacam pasphoto ,copy kartu tanda mahasiswa, and bawa laptop atao PDA masing² hiks..cape dehh….Untuk ku ga ketinggalan di usu yg bisa akses selama 12 jam nonstop dengan akses lebih cepat lagi.
Sesampai saya disana ..saya mulai hidupkan laptop trus..cari colokan kosong untuk charger..maklum orang dah pada pernuh berebutan tempat duduk juga colokan listriknya..
Saya sempat bingung beberapa menit mungkin sekitar 7 menit…menunmggu² akses langsung ke browsing walau power Wi-Fi dalam keadaan ‘ON”…epss..ternyata saya hamper malu bertanya…untuk saya terlalu cepat lihat pajanagan sebuah kertas ukuran A4 di atas kaca jendela Perpus denagn dua buah line karakter yang berisi :


Untuk mengakses Wi-Fi Hotspot USU di beritahukan bahwa IP Proxy dapat digunakan yang di bawah ini :
IP Proxy : 203.130.206.54 Port : 9378


.....Okeh sekarang saya mau setting dengan syarat yang sudah di sediakan….ikuti langkah saya untuk setting IP Proxy secara manual di laptop masing² apapun itu mereknya dan OS Windows kecuali bagi pengguna linux OS. IP proxy diatas adalah sebagai contoh ngeset IP yang akan kita gunakan. Dengan langkah yang saya lakukan sebagai berikut :


1. Pastikan power Wi-fi di masing² Laptop sudah dalam keadaan -ON- .Cek di bagian masing² sisi notebook dengan symbol “tiang bercahaya di ujung.”atau cari deh coba dari segala tombol yang ada di notebook kecuali wi-fi di control oleh OS secara otomatis.

2. Setelah power -ON- lampu Led berwarna kuning atau biru juga hijau akan menandakan bahwa Wi-Fi sudah terdeteksi Hotspot. Sekarang lihat di taskbar.

3. Klik icon is taskbar atau melalui menu Start –> Connect to --> Wireless Network Connection kemudian pada tab – General - klik View Wireless Networks dari sana anda dapat memilih beberapa lokasi hotspot yang terdeteksi Wi-Fi ..kemudian refresh sekali lagi untuk memastikan jumlah koneksi.setalah anda memilih tekan tombol Connected atau secara default akan terkoneksi jika wireless hotspot terdiri dari satu saja. Lihat seperti langkah pada gambar berikut nya.

4. Sekarang anda sudah menemukan beberapa network wi-fi yang terkoneksi list network wireless..atau refresh lagi mana tahu masih banyak terdeteksi jaringan hotspot baru. . Okey..sampai disana anda belum bias launching atau melakukan chatting sebalum di setting terlebih dahulu di masing² perangkat lunak.

5. Secara sederhana kita akan setting langkah demi langkah lewat IE. Klik Internet Explorer anda yang berada di desktop atau di Quick Lauch taskbar. IE yang ingin di setting IP proxynya [dalam percobaan ini,saya menggunakan IE versi 6] .setelah browsing IE terbuka Klik link: Tools pilih internet Options (Lihat pada gambar) kemudian dala box yang muncul…ada beberapa tab. Okeh ..Klik tab pada connection selanjutnya pilih dan klik LAN Settings non-checklistkan – Automatically detect settings - selanjutanya Checklist pada Proxy Server – Use a proxy server for you LAN. Isikan pada IP proxy dan port yang di sediakan tadi pada bagian kotak address : 203.130.206.54 dan port: 9378 checklist juga Bypass proxy server ! tapi hati² untuk checklist –annya..mungkin punya pengaruh di belakang juga nantinya.
Lihat gambar :!
6. Sekarang tekan - Ok – dan kembali masukkan alamat website yang anda inginkan misalkan http://www.google.com/ atau http://www.sihite.blogspot.com/ sebagai sample browsing akses atau tidaknya..hehehe..
Selanjutnya lihat tutorial untuk Mozilla Firefox.......!!!


Tidak ada komentar: